Kursus Bahasa Inggris Online

Kursus Bahasa Inggris Online atau Offline?

Meningkatnya animo belajar bahasa Inggris, saat ini tersedia banyak lembaga dan penyedia jasa kursus bahasa Inggris. Dilihat dari tempatnya, kursus bahasa Inggris terbagi atas kursus bahasa Inggris online dan tatap muka. Dua metode kursus ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dan berikut uraiannya.

Kursus bahasa Inggris tatap muka

Yang dimaksud dengan kursus bahasa Inggris tatap muka adalah kursus di mana guru dan siswa bertemu secara langsung tanpa melalui perantara gawai. Dalam hal ini bisa jadi siswa yang datang ke tempat kursus atau sebaliknya guru yang datang menemui siswa di tempat yang sudah disepakati. Kursus jenis ini sudah hadir jauh lebih lama dibandingkan kursus online dan inilah kelebihan serta kekurangannya.

Kelebihan:

  1. Gesture dan intonasi yang jelas

Menurut Ayoe Utomo, seorang psikolog, dalam komunikasi pesan ditangkap hanya 15% dari kata-kata, sisanya 55% dari gesture dan 30% dari intonasi. Menangkap gesture dan intonasi selama kursus bahasa Inggris online merupakan hal yang sulit apalagi jika angle kamera kurang tepat.

Dua hal ini tidak hanya bermanfaat bagi siswa agar lebih mudah menangkap pesan guru, tetapi juga memudahkan bagi. Karena lewat gesture dan intonasi siswa, guru dapat mengerti apakah seorang siswa telah paham materi yang disampaikan.

  • Interaksi yang tak terbatas

Ketika bertemu langsung, guru dapat menyediakan berbagai kegiatan yang melibatkan gerakan tubuh. Melakukan permainan TPR (Total Physical Response) adalah hal yang sulit jika pembelajaran dilakukan secara daring.

  • Lebih fokus dan konsentrasi

Dengan bertatap langsung dengan guru, siswa akan merasa diawasi. Guru juga dapat membatasi hal-hal dalam kelas yang mungkin memecah konsentrasi siswa. Di saat bosan juga bisa secara langsung mengetahui dan memberikan ice breaking untuk kembali memulihkan konsentrasi siswa.

  • Bebas gangguan

Kursus bahasa Inggris online menggunakan gawai sangat berisiko mengalami gangguan teknis seperti pemadaman listrik, sinyal eror, atau gawai rusak. Hal tersebut tentunya tidak akan berefek serius pada kursus tatap muka.

Kekurangan:

  1. Butuh usaha dan perencanaan lebih

Pembelajaran secara tatap muka membutuhkan persiapan ekstra terutama bagi guru. Contohnya adalah menata ruang kelas dan menyiapkan media pembelajaran bagi guru. Sedangkan siswa juga harus membuat effort lebih untuk menyiapkan diri menghadiri pertemuan.

  • Kurang fleksibel

Untuk hadir dalam sebuah pertemuan tatap muka, guru dan siswa harus meluangkan waktu dan  menyusun jadwal jauh hari. Terkadang pertemuan tatap muka mendadak sulit dilakukan karena jadwal salah satu pihak.

  • Butuh biaya lebih

Untuk bertemu baik guru maupun siswa bepergian menuju lokasi belajar. Hal ini tentunya menambah biaya yang harus dikeluarkan.

Kursus bahasa Inggris online

Secara daring pertemuan biasanya dilakukan melalui Zoom, Google Meet, Skype atau pun aplikasi/website buatan kursus sendiri seperti Smartpi. Lembaga kursus ini mengembangkan classrommnya sendiri agar pembelajaran semakin mudah dan contohnya tersedia di https://smartpi.id.  Melalui perantara aplikasi/website tersebut, berikut kelebihan dan kekurangan yang mungkin dihadapi.

Kelebihan

  1. Praktis

Dalam kursus bahasa Inggris online,  tidak banyak yang harus siswa persiapkan selain gawai dan catatan. Begitu juga dengan  guru, materi dan soal dapat dengan mudah dibagikan. Kedua pihak tidak perlu repot-repot meninggalkan rumah untuk menuju tempat kursus.

  • Biaya terjangkau

Kursus online tersedia dalam lebih banyak pilihan dibandingkan kursus tatap muka. Biaya tersebut tentunya ditentukan oleh durasi, jumlah peserta, dan media yang digunakan.

  • Fleksibel

Kebanyakan kelas online menyediakan rekaman selama pertemuan berlangsung. Hal ini tentunya memudahkan siswa untuk mengulang materi atau bagi yang tidak dapat hadir dapat memutar ulang rekamannya.

Kekurangan

  1. Gangguan teknis

Seperti yang sudah disebutkan di atas pemadaman listrik, gawai yang rusak, sinyal yang lemah bisa jadi penghambat proses pembelajaran. Sebuah pertemuan online bisa terhambat atau bahkan batal karena kendala teknis di salah satu pihak.

  • Fokus mudah terbagi

Selama kursus bahasa Inggris online berlangsung baik di kamar sendiri atau tempat umum saat mungkin siswa dan guru teralihkan fokusnya dengan lingkungan sekitar misalnya hewan peliharaan, orang lain atau bahkan anggota keluarga sendiri.