Kursus Bahasa Inggris Online

Biaya Kursus EF Mahal? Siasati Dengan Tips Berikut

Belajar bahasa Inggris bisa jadi kebutuhan bagi beberapa orang. Baik untuk sekedar menambah pertemanan, memperluas bisnis, memenuhi syarat kuliah, mengejar skor IELTS/TOEFL, dan masih banyak lagi. Untuk menunjang belajar, banyak orang mengikuti kelas tambahan seperti kursus EF atau di lembaga lainnya.

Tak jarang beberapa lembaga penyelenggara kursus bahasa Inggris memasang tarif yang cukup mahal. Untuk menyiasati harga kursus yang mahal, ikuti beberapa tips berikut agar efektif dan cepat dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris.

  1. Menentukan tujuan belajar bahasa Inggris

Agar peningkatan bahasa terukur atau setidaknya terlihat, tentukan tujuan dalam belajar bahasa Inggris. Ada banyak aspek dalam bahasa Inggris yang bisa ditingkatkan seperti kemampuan berbicara, menulis, mendengar, dan membaca. Selain itu, memasang target seperti minimal skor sekian bisa juga membantu menyusun strategi dalam belajar. Itulah mengapa di beberapa lembaga seperti kursus EF menyediakan level-level. Yakni untuk mencapai kompetensi/keterampilan tertentu pada tiap levelnya.

  • Manfaatkan aplikasi dan website gratis untuk belajar bahasa Inggris

Banyak lembaga formal atau non-formal menyediakan website/aplikasi belajar bahasa Inggris gratis. Contoh aplikasi belajar bahasa Inggris gratis adalah Duolingo, Cake, LingoDeer, dan lainnya. Banyak juga lembaga termasuk kursus EF dan Smartpi yang menyediakan kelas online gratis atau contoh pembelajaran di lembaganya. Hal ini juga dapat menambah wawasan tentang teknik pengajaran akan sebuah konsep. Karena bisa jadi, beda lembaga maka beda juga metode yang digunakan.

  • Rajin membuka kamus

Sangat jarang orang dapat menghafal sebuah beserta maknanya hanya dengan sekali baca. Jadi jangan malas untuk membuka kamus meskipun kata tersebut sudah pernah dicari maknanya dalam kamus. Untuk mempermudah, saat ini sudah banyak tersedia kamus digital yang bisa diakses melalui website atau pun aplikasi. Sangat disarankan juga untuk menggunakan kamus Inggris-Inggris karena akan memperkaya kosakata dan makna kata pun bisa lebih sesuai dibandingkan makna dari kamus Inggris-Indonesia.

  • Libatkan bahasa Inggris dalam kegiatan sehari-hari

Practice makes perfect. Berlatih membuat kita sempurna. Begitu juga dengan bahasa Inggris. Semahal apapun kursus EF yang diikuti, jika teori bahasa yang diajarkan tidak pernah dipraktikkan dalam keseharian pun akan terlupakan. Contoh mudah menggunakan bahasa Inggris dalam keseharian adalah menggunakan bahasa Inggris pada gawai, menonton video/film, bermain game, mendengarkan lagu dalam bahasa Inggris.

  • Manfaatkan media sosial, perpustakaan dan media massa

Media sosial dapat menghubungkan kita dengan native speakers atau orang luar negeri yang berbahasa Inggris. Cobalah chatting atau berkomunikasi dengan mereka lewat OmeTv, Facebook, Snapchat dan lainnya. Selain mengasah kemampuan berbicara, kita juga semakin peka dengan aksen bahasa Inggris dari berbagai negara. Untuk kemampuan membaca dan menulis, perpustakaan dan media massa baik online atau pun cetak juga mengasah kemampuan dan memperluas wawasan. E-library, BBC News, VoA, The Jakarta Post adalah beberapa contohnya,

  • Gabung dengan komunitas

Salah satu hal yang sulit dari belajar bahasa Inggris adalah menjaga semangat belajar. Dengan melihat perkembangan orang lain terkadang diri sendiri terpacu untuk terus belajar. Oleh karena itu bergabunglah di komunitas belajar bahasa Inggris. Anda dapat membentuknya sendiri bersama dengan rekan kursus atau bergabung di grup media sosial dan Youtube channel. Tidak hanya kursus EF, banyak kursus lain juga membentuk grup/komunitas siswanya untuk belajar bahasa Inggris secara mandiri di luar kelas.

  • Cari alternatif kursus yang berkualitas dengan harga terjangkau

Jika tarif di lembaga kursus ternama seperti kursus EF terasa mahal. Cari opsi lain yang memiliki kualitas yang sama baiknya tetapi dengan harga yang bervariasi dan terjangkau. Saat ini tersedia ratusan kursus online bermutu dengan paket kelas yang variatif. Contoh yang sudah terbukti kualitasnya adalah Smartpi yang menyediakan berbagai level untuk belajar bahasa Inggris.detailnya dapat diakses padahttps://smartpi.id.

  • Buat tantangan untuk diri sendiri

Meskipun sudah mahir, akan selalu ada ruang untuk memperbaiki dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Untuk terus mengasah dan mengetahui kelemahan cobalah buat challenge tiap hari/minggu/bulan yang berkaitan dengan bahasa Inggris misal membaca 1 novel bahasa Inggris tiap bulan, mengobrol dengan 5 orang asing dari negara yang berbeda tiap minggunya, ikut seminar berbahasa Inggris 3x setahun, dan tantangan lain yang sesuai dengan passion Anda. Selamat mencoba!