kursus ef

Tak Hanya Kursus EF, Di Smartpi Bikin Cas-cis-cus Bahasa Inggris

Saat ini sudah banyak kursus bahasa Inggris tersedia baik yang online maupun offline. Di antara banyak tempat kursus tersebut ada beberapa nama yang terkenal karena sejarahnya yang sudah lama berdiri seperti  kursus EF. Namun saat ini, tidak hanya tempat kursus dengan nama terkenal saja yang memberikan pembelajaran berkualitas. Lembaga kursus dengan kriteria berikut dijamin mampu membuat Anda lancar berbahasa Inggris.

Menyediakan konsultasi di awal atau pre-test

Konsultasi atau pre-test di awal bertujuan untuk mengetahui kemampuan bahasa Inggris awal peserta kursus. Agar di akhir dapat diketahui progres yang dicapai. Selain itu konsultasi juga dapat membantu menyelaraskan keinginan peserta kursus tentang kemampuan yang ingin dicapai dengan kurikulum yang lembaga kursus telah buat. Dua kegiatan di awal ini penting dalam menunjukkan komitmen lembaga kursus dalam melayani pesertanya.  

Memberikan free trial class

Setelah diketahui tujuan dan level yang tepat, beberapa lembaga seperti kursus EF biasanya memberikan free trial class atau kelas uji coba gratis. Dengan merasakan kelas pertama, peserta mendapat gambaran tentang bagaimana proses pembelajaran selanjutnya. Jika dirasa sesuai dengan gaya belajar peserta, kelas akan dilanjutkan. Namun sebaliknya, jika dirasa kurang cocok, peserta dapat membatalkan atau berdiskusi dengan lembaga untuk membuat kelas sesuai dengan kebutuhannya.

Memilih tenaga pengajar yang berpengalaman

Profil pengajar biasanya dapat diketahui lewat media sosial atau website lembaga kursus. Dari profil tersebut, tenaga pengajar pilihan biasanya memiliki latarbelakang pendidikan yang sesuai, pengalaman mengajar yang tidak sebentar, prestasi, penghargaan, atau passion yang besar. Jumlah serta kualitas tenaga pengajar yang dimiliki lembaga kursus juga merupakan hal yang harus dipertimbangkan.

Memberi gambaran mengenai metode dan media yang digunakan

Yang membuat satu lembaga kursus berbeda dengan lembaga lainnya biasanya terletak pada metode yang digunakan. Pada era ini sudah tersedia puluhan jenis metode pengajaran bahasa Inggris. Contohnya adalah kursus EF yang menggunakan metode Blended Learning. Dengan mencamtumkan metode atau sedikit bagian dari media yang digunakan pada website, orang akan memiliki gambaran tentang kegiatan pembelajaran yang dilakukan.

Menggunakan teknologi yang menunjang pembelajaran

Baik kursus online atau pun offline, teknologi dapat digunakan untuk menunjang pembelajaran seperti website, zoom, kahoot, proyektor, dan lainnya. Teknologi tersebut dapat membantu pesera kursus memahami konsep yang diajarkan dengan lebih mudah. Hal ini pun membantu guru dalam menyampaikan materi secara lebih efektif.

Mendesain kelas sesuai kebutuhan peserta

Tujuan diadakannya kelas pembelajaran adalah untuk memfasilitasi peserta mencapai tujuan belajarnya. Oleh karena itu lembaga kursus yang baik biasanya terbuka dengan permintaan dan saran pesertanya. Kebutuhan yang dimaksud tidak hanya dari segi materi, kegiatan pembelajaran, media, durasi tetapi juga dari segi finansial.

Memiliki jadwal yang jelas

Jadwal berkaitan erat dengan kurikulum pembelajaran. Contohnya adalah jumlah pertemuan dan ujian. Selama satu level diperlukan jadwal pasti kapan pertemuan berlangsung dan kapan pekan penilaian harus dilakukan. Jadwal seperti tentunya sudah lama diterapkan oleh kursus EF. Saat ini tidak hanya lembaga tersebut yang menerapkan sistem jadwal untuk tiap levelnya.

Menyelenggarkan evaluasi

Kursus tidak semata-mata mengajarkan materi tanpa mengukur kemajuan peserta kursus. Untuk melihat kemajuan yang didapat perlu dilakukan evaluasi. Evaluasi sendiri dapat dilakukan dalam berbagai bentuk baik melalui proyek, ujian tulis, praktik, portofolio dan masih banyak lagi. Ujian tulis dan lisan merupakan jenis evaluasi yang paling sering digunakan lembaga termasuk kursus EF.

Merespon dengan cepat dan tepat

Jawaban dan solusi yang responsif merupakan hak peserta kursus. Sebelum benar-benar membayar untuk kursus, Anda bisa coba cek respon staf dengan menanyakan beberapa detail di atas. Jika jawaban cukup cepat dan jelas, maka bisa dipastikan pelayanan di lembaga kursus tersebut pun bagus. 

Mendapat testimoni dan review positif

Testimoni dan review dari orang lain yang sudah menggunakan jasa kursus sedikit banyak juga dapat memberikan gambaran. Ulasan/review dapat ditemukan di sosial media lembaga atau di komunitas pelajar bahasa Inggris. Usahakan untuk mencari ulasan jujur baik sisi positif dan sisi negatif. Lembaga dengan banyak review positif tentunya tidak diragukan lagi kualitasnya.

Lalu apakah Anda sudah menemukan kursus bahasa Inggris dengan seluruh kriteria di atas? Jika belum, Anda bisa mengunjungi kursus bahasa Inggris Smartpi di https://smartpi.id/. Temukan kriteria-kriteria di atas dan buktikan dengan mendaftar pada salah satu kelasnya. Tidak lama lagi Anda pasti casciscus dalam berbahasa Inggris.