Kursus EF terdekat
kursus ef

3 Cara lain belajar bahasa Inggris selain Kursus EF

Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Karena itu, rasanya kurang afdol jika tidak mampu berbahasa Inggris. Tentu kalian ingat dengan meme yang sempat viral beberapa waktu lalu tentang seorang anak yang tidak bisa berbahasa Inggris.

Walaupun meme tersebut lucu tapi banyak juga yang merasa tertohok karena kurang mampu berbahasa asing, terutama Inggris. Ada banyak cara untuk menambah skill atau kemampuan berbahasa Inggris, salah satunya dengan kursus di lembaga bahasa asing seperti English First atau EF.

Apa sih EF?

Mungkin lembaga ini tidak perlu perkenalan lebih lanjut. Telah ada di Indoneesia selama lebih dari 2 dekade, English First atau EF memiliki ratusan cabang di penjuru negeri. Selain itu, lembaga ini juga memiliki guru pengajar asli atau native teacher yang sering menjadi nilai tambah. EF juga memiliki banyak fasilitas pendukung dan kelas-kelas khusus.

Karena banyaknya cabang dan kehadiran pengajar asing sering kali menjadi alasan kenapa banyak orang memilih kursus di EF. Walau demikian, biaya untuk kursus di EF tidak murah. Walaupun banyak peminatnya, tapi karena biaya yang bisa jadi cukup mahal, kursus di EF hanya bisa dilakukan oleh sebagian orang saja. Lalu, bagaimana bagi kalian yang juga ingin bisa bahasa Inggris tapi masih ada kesulitan biaya?

Lalu apa cara lainnya?

Sebenarnya ada banyak cara lain untuk bisa belajar bahasa Inggris walaupun tidak di EF. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk belajar bahasa Inggris.

  • Kursus di tempat lain

Ada puluhan atau bahkan lembaga kursus bahasa asing yang mengkhususkan diri untuk mengajar Bahasa Inggris. Kalian bisa memilih untuk belajar di salah satu lembaga kursus yang mungkin lebih terjangkau. Baik secara lokasi maupun biaya, ada banyak kursus yang bisa jadi lebih dekat dengan tempat tinggal kalian.

Tidak harus kursus di EF untuk bisa berbahasa Inggris hingga mahir. Selain karena batas mahir tiap-tiap orang berbeda, tapi ada banyak lembaga kursus yang khusus dapat membantumu mencapai tujuan. Seperti misalnya meraih nilai TOEFL tertentu untuk dapat kuliah di luar negeri.

  • Belajar secara otodidak

Tidak banyak yang memilih opsi ini. Akan tetapi, banyak orang yang memilih belajar secara otodidak karena tidak ada pilihan lain untuk belajar. Umumnya mereka yang belajar secara otodidak kesulitan biaya untuk ikut kursus secara formal.

Belajar otodidak atau sendiri, memiliki banyak kelebihan. Kalian bisa mengatur sendiri jadwal dan materi belajar. Kalian bisa belajar di waktu senggang, sambil makan, ataupun ketika akan tidur.

Walau demikian, belajar secara otodidak berarti kalian tidak memiliki seorang guru yang dapat memperbaiki kesalahan tata bahasa maupun penggunaan idiom. Selain itu, juga tidak ada standar ukur kemahiran. Kalian bisa saja mengikuti tes TOEFL secara berkala jika mau dan mampu, tapi tes tersebut tidak murah.

  • Ambil Kursus Online

Perbedaan utama dari kursus secara online dengan konvensional adalah kalian bisa belajar secara privat. Walaupun ada banyak kursus bahasa Inggris yang online secara kelas kecil, tapi lebih banyak lagi yang menghadirkan kelas secara privat.

Kursus online banyak dipilih karena jadwalnya yang fleksibel dan tidak memakan waktu ataupun tempat. Baik murid maupun guru hanya perlu koneksi internet yang stabil untuk setiap sesinya. Kursus online juga bisa mendorong kalian untuk lebih aktif karena jadwal menyesuaikan kesibukan kalian. Jadi tidak ada alasan untuk bermalas-malasan dan tidak memanfaatkan kursus yang diikuti.

Salah satu tempat kursus online yang bisa kalian ikuti adalah Smartpi. Kalian hanya perlu mendaftar di https://smartpi.id lalu memilih paket yang diinginkan. Kalian juga bisa mengakses lewat aplikasi dan mulai belajar kapan saja. Selain menawarkan sesi pertama gratis, kallian juga bebas memilih kelas bahasa yang diinginkan.

Perlu diingat bahwa pada akhirnya ini semua tentang kalian yang ikut les. Berapa lamanya kursus tidak menjamin kalian akan menjadi mahir, jika kalian malas dan sering bolos les. Kalian tidak akan bisa menguasai bahasa Inggris. Kunci keberhasilan ada di diri kalian masing-masing. Selama terus berusaha dan percaya, kalian pasti berhasil.