7 Jenis Kursus Untuk Anak-Anak Demi Melatih Bakat dan Minat Secara Menyenangkan

Ketika Anda sebagai orangtua ingin mengenali bakat anak sejak usia dini, ada banyak jenis kursus untuk anak-anak yang bisa dicoba dengan rentang waktu mingguan atau bulanan. Tentunya dengan harga yang tidak terlalu mahal, seperti:

 

  1. Kursus memasak

Ketika sang buah hati menunjukkan rasa sukanya pada makanan, tidak akan terasa salah saat Anda mencoba mengajak untuk mengikuti kursus memasak. Namun demikian, ketika anak Anda termasuk anak yang tidak cepat dekat dengan orang dewasa, Anda bisa mencoba kursus memasak online yang dipandu oleh profesional di bidangnya. Sebelum memulai kursus masak, Anda bisa mengenalkan secara mandiri beragam bahan masak pada anak mulai dari bentuk, tekstur, dan warnanya. Dengan begitu, anak Anda akan mulai terlatih daya imajinasi dan motoriknya untuk membuat menu makanan yang disukai.

 

  1. Kursus bahasa Inggris  

Di era modern seperti sekarang ini, bahasa asing seperti bahasa Inggris menjadi kebutuhan tambahan yang perlu pula diajarkan kepada anak sejak usia dini. Pada saat Anda mencari kursus bahasa Inggris online untuk anak, pastikan lebih dulu kurikulum, modul buku, maupun sistem pembelajaran yang digunakan. Pengetahuan Anda akan hal tersebut akan penting untuk memperkirakan apakah anak Anda akan sanggup mengikuti pembelajaran atau tidak. Jika Anda memiliki anak usia 5-12 tahun, cobalah untuk memilih jenis kursus bahasa Inggris yang banyak menggunakan game edukatif, sehingga pengetahuan anak bertambah dengan cara yang lebih menyenangkan.

 

  1. Kursus sepatu roda

Jika anak Anda menyukai kegiatan outdoor, Anda bisa mencoba mengajak anak untuk mengikuti kursus sepatu roda. Kegiatan ini umumnya dibuat kursus dengan sistem jam per hari dan dalam bentuk paket 8-16 pertemuan. Kegiatan bermain sepatu roda ini melatih anak untuk memiliki jiwa kompetitif, tidak mudah menyerah, sekaligus kemampuan analisis. Hal ini karena setiap track atau jalur sepatu roda akan memiliki tingkat kesulitan berbeda, saat berada di area yang berbeda pula. Ketika sang anak terjatuh, dirinya juga akan belajar bagaimana caranya agar dilain waktu tidak terjatuh untuk kedua kalinya.

 

  1. Kursus fotografi

Ketika Anda sebagai orangtua memiliki kamera DSLR atau memiliki hobi di bidang fotografi, cobalah untuk membuat rasa penasaran anak semakin tinggi, sehingga sang buah hati akan menurut ketika Anda mengajaknya mengikuti kursus untuk anak-anak khusus bidang fotografi. Namun demikian, ketika Anda lebih memilih mengajari sendiri sang anak dirumah, pastikan anak Anda memiliki berat badan dan tangan yang mampu menanggung beban kamera DSLR yang biasanya cukup berat. Anda bisa mengajari sang anak untuk membidik beberapa sudut didalam rumah atau di halaman teras yang dimiliki. Rasa penasaran dan kesukaan sang anak saat melihat hasilnya bisa membantu mengasah kemampuan estetik serta motorik yang dimiliki.

 

  1. Kursus alat musik

Saat Anda melihat sang buah hati sangat senang mendengarkan atau bermain alat musik tertentu, ada baiknya Anda mengasah bakat dan minat yang mungkin dimiliki anak di bidang musik ini dengan memasukkannya ke penyedia jasa kursus musik. Namun demikian, ketika Anda merasa lebih aman untuk anak-anak belajar dirumah dibawah pengawasan dan pendampingan Anda, cari lembaga kursus dengan guru terbaik yang bisa diundang ke rumah. Diskusikan pola belajar yang tidak akan memberatkan sang anak dengan guru yang datang. Jangan lupa untuk mendiskusikan penilaian yang dilakukan serta permasalahan yang mungkin terjadi selama proses pembelajaran berlangsung, agar sang buah hati tetap nyaman belajar musik dalam jangka panjang.

 

  1. Kursus mengaji 

Agar buah hati Anda memiliki dasar agama yang kuat, terlebih ketika Anda adalah seorang muslim, tidak ada salahnya mengikutkan anak pada pondok pesantren atau mencari penyedia kursus mengaji online. Dengan pendampingan yang profesional dan pembelajaran yang menyenangkan, tidak hanya pemahaman akan agama yang menjadi lebih baik. Anak Anda akan menjadi anak yang lebih empati dan berbakti pada kedua orang tua.

 

  1. Kursus berenang

Kursus untuk anak-anak yang bisa dicoba sejak usia dini adalah kursus berenang. Selain melatih kemampuan motorik, berenang bisa menjadi alternatif olahraga relaksasi otot yang membantu perkembangan tulang serta minim resiko cedera jika dibandingkan dengan jenis olahraga lain, seperti futsal, basket, berkuda, atau taekwondo.

Bagikan Artikel:
×