3 Tips Belajar Online di Rumah Agar Tidak Bosan  

Belajar online di rumah sudah berlangsung sejak Maret 2020, dan belum ada tanda-tanda akan berakhir. Meskipun pemerintah beberapa kali telah melakukan uji coba belajar normal di sekolah lagi, sepertinya Covid-19 masih sesuatu yang belum bisa dianggap enteng.

Normal sekal memang untuk merasa bosan dan tidak fokus ketika menghadap laptop dalam waktu lama. Selain itu, metode online yang kadang-kadang “aneh” dan cenderung  memberi tugas lebih banyak dari biasanya membuat kamu frustasi.

Tapi apakah mungkin belajar online dan di rumah saja memberikan hasil yang efektif?

Tentu kita semua ingin pembelajaran jarak jauh segera usai. Namun kondisi yang belum memungkinkan ini membuat kita harus bersabar lebih lama.

Di bawah ini, kamu bisa baca beberapa tips belajar online yang efektif. Siapa tahu beberapa informasi ini memberimu sedikit pencerahan!

 

Kiat-kiat belajar online yang menyenangkan

Sebelum kamu membaca tips di bawah ini, mungkin kita semua setuju kalau mustahil untuk tetap fokus dan semangat ketika belajar online dalam waktu yang lama. Selain itu, ini bukan hal yang menyenangkan sama sekali.

Oleh karena itu, tips di bawah ini setidaknya meminimalisir kebosananmu ketika harus menghadap laptop berjam-jam dan fokus secara bersamaan.

 

#1 Punya jadwal

Tentu saja belajar online di rumah sudah punya jadwal kelas yang jelas. Tapi jadwal di sini adalah jadwal personal kamu.

Meskipun semuanya sekarang serba online, kamu juga harus atur waktu untuk bangun tidur, mandi, sarapan, dan bersiap-siap sebelum kelas mulai. Punya jadwal akan membantumu untuk konsisten dan tidak jenuh.

Hal yang sebenarnya membuat kita semakin lelah di era kelas online ini adalah jadwal yang semrawut; seperti tidak ada batas antara waktu untuk sekolah dan waktu untuk diri sendiri.

Mengatur jadwal yang jelas juga menuntutmu untuk bertanggung jawab dengan apa-apa yang menjadi tugasmu. Misal, kamu harus menyelesaikan tugas di jam yang sudah ditentukan, sehingga setelahnya kamu bisa me time.

Meskipun merasa tertuntut, setidaknya kamu masih punya waktu yang lebih lega untuk diri sendiri. Me time itu perlu banget, lho!

 

#2 Dedikasikan tempat untuk belajar

Akan sangat nyaman memang kalau kamu punya ruang kerja sendiri. Tapi kalau hal itu terlalu muluk-muluk, kamu bisa menyisihkan space yang memang khusus untuk belajar online.

Misalnya, selama ini kamu menghadap laptop di atas kasur karena bangunmu selalu mepet. Kamu bisa mulai mengubah kebiasaan tersebut. Apabila belajar memang harus di kasur karena tidak ada tempat (anak kos misalnya), kamu bisa beli meja kecil untuk laptop dan duduk yang manis.

Selain jadwal yang tidak jelas, hal yang membuat bosan dan waktu terasa sangat lama ketika belajar online adalah batas ruang belajar dan ruang santai yang membaur. Ini merupakan tips belajar online agar tidak bosan yang cukup efektif, lho.

 

#3 Sediakan waktu luang untuk sosialisasi

Pandemi Covid-19 ini membuat semua orang mendadak “antisosial”. Tidak boleh keluyuran, segala sesuatu dikerjakan dari rumah, dan lain sebagainya. Apabila hal ini terjadi berkepanjangan, manusia akan stres. Sudah ada penelitian yang membuktikan hal tersebut.

Oleh karena itu, meskipun kamu memang harus belajar dan fokus menghadapi tugas yang makin banyak, jangan lupa untuk istirahat. Istirahat di sini bukan hanya mengambil jeda dan tidak melakukan apa-apa.

Sebaiknya kamu ngobrol dengan orang rumah, teman kos, atau siapa saja. Memang benar, aktivitas sosial semakin berkurang sejak pandemi. Semua orang mengandalkan ponsel dan pesan teks untuk berkomunikasi, yang seringkali menimbulkan salah paham.

Oleh karena itu, kamu perlu luangkan waktu untuk tetap “terhubung” dengan orang-orang di sekitarmu. Orang-orang tersebut bisa saja ibu warung sebelah, pak tetangga depan rumah, tukang sayur langganan, dan lain sebagainya.

Ingat. Kamu perlu bicara in person dengan orang lain; harus.

 

Hidup yang seimbang

Apapun pilihanmu untuk terhindar dari kebosanan ketika belajar online, kamu harus tetap memperhatikan kesehatan jiwa dan raga, ya. Tubuh dan pikiran kita sangat rentan terserang berbagai penyakit di masa seperti ini.

Semoga kiat-kiat belajar online di rumah agar tidak cepat bosan di atas bermanfaat, ya!

Bagikan Artikel:
×