Tips Belajar Mengaji yang Bisa Diterapkan di Rumah

Anda bisa untuk menerapkan belajar baca Al-Qur’an cepat di rumah. Sebenarnya, belajar mengaji atau membaca Al-Qur’an tidak terlalu sulit. Apalagi Anda sebagai umat islam, Anda tentunya harus bisa untuk mengaji atau membaca Al-Qur’an dikarenakan bacaan untuk shalat asalnya juga dari Al-Qur’an. Sementara shalat adalah ibadah yang wajib untuk semua muslim.

Untuk bisa mengaji baca Al-Qur’an secara baik dan lancar, pastinya Anda harus untuk mengetahui terlebih dahulu dari dasar. Mulai dari mengenal dulu huruf hijaiyah sampai kenal tanda baca. Tidak hanya itu, Anda pun harus untuk membaca Al-Qur’an dengan menggunakan tajwid yang benar.

Belajar Al-Qur’an akan lebih baik dengan orang yang sudah paham dan ahli. Misalnya Anda bisa belajar mengaji atau membaca Al-Qur’an di masjid bersama ustad, atau belajar di pesantren, hingga sekarang bisa belajar online dengan mengikuti kursus mengaji online. Ada banyak kursus online yang menawarkan jasanya saat ini. Anda bisa memilih salah satu yang menurut Anda terbaik dan bisa membantu untuk cepat bisa mengaji dan membaca Al-Qur’an.

Ada beberapa tips atau cara belajar membaca Al-Qur’an yang bisa dipraktikkan dan diterapkan di rumah. Berikut adalah cara atau tips tersebut.

Tips atau Cara Belajar Mengaji dan Membaca Al-Qur’an

Mengenal Huruf Hijaiyah

Cara belajar baca Al-Qur’an yang pertama adalah mengenal dahulu huruf hijaiyah yang merupakan huruf ejaan Bahasa Arab yang adalah Bahasa asli Al-Qur’an. Dapat untuk dikatakan jika huruf hijaiyah layaknya huruf abjad pada Bahasa Indonesia. Maka dari itu, jika Anda ingin lancar dan bisa membaca Al-Qur’an harus belajar serta mengerti huruf hijaiyah serta ejaannya.

Selain Anda harus mengenal bentuk-bentuk dari huruf hijaiyah satu persatu, Anda pun harus untuk mengetahui huruf itu disambungkan huruf lainnya. Di dalam belajar pengucapan dari huruf hijaiyah, Anda harus untuk mengetahui makhraj-nya yang adalah tempat keluarnya huruf.

Memahami Tanda Baca

Kedua, Anda harus mempelajari tentang tanda baca atau harakat. Tanda baca ini mempunyai fungsi dalam menentukan pengucapan huruf hijaiyah. Dalam Bahasa Indonesia seperti huruf vokal. Berbagai tanda baca tersebut seperti Kasrah, Fathah, Dammah, Sukun, dan Tasydid.

Memahami Tajwid

Selanjutnya yang harus Anda pahami saat belajar mengaji adalah memahami tajwid Al-Qur’an yang merupakan ilmu yang dipakai mengetahui bagaimana membunyikan huruf Al-Qur’an dengan baik dan benar. Misalnya seperti dibaca dengan samar-samar, jelas atau mendengung. Tajwid yang harus Anda pahami seperti bacaan idhgam, idzhar, Iqlab dan masih banyak lainnya. Memahami tajwid sangatlah penting agar Anda tidak salah di dalam membaca Al-Qur’an.

Belajar dengan Guru Mengaji dan Sumber Terpercaya

Belajar mengaji atau membaca Al-Qur’an memang harus bersama dengan orang yang sudah ahli dan paham betul ilmunya. Hal itu supaya Anda benar dalam baca Al-Qur’an nantinya. Seperti yang disebutkan sebelumnya Anda bisa untuk belajar mengaji dengan ustad di masjid atau belajar di pesantren. Namun, jika Anda tidak mempunyai banyak waktu luang untuk pergi ke sana, Anda bisa ikut kursus mengaji online.

Saat ini ada banyak tempat kursus online mengaji yang diajari langsung oleh para orang-orang yang sudah fasih mengaji. Anda bisa memilih salah satunya yang menurut Anda paling baik dan bisa disesuaikan dengan jadwal maupun budget yang dimiliki. Kursus online sendiri memang akan membuat Anda lebih berhemat untuk segi biaya dan lebih fleksibel dalam waktu belajar. Dengan Anda belajar bersama orang yang sudah fasih, tentunya Anda bisa mengetahui bagaimana bacaan Al-Qur’an yang benar.

Selain belajar dengan guru mengaji atau orang yang sudah fasih membaca Al-Qur’an, Anda juga bisa belajar melalui berbagai sumber yang terpercaya. Misalnya saja dari video atau materi soft-copy yang diberikan oleh tempat kursus online. Dengan begitu, semakin banyak ilmu yang bisa Anda dapatkan.

Lalu dengan Anda ikut kursus online mengaji, semua materi yang disediakan bisa Anda pelajari kembali. Dengan demikian, Anda bisa mengulangi sendiri materi yang belum benar-benar dipahami. Semakin Anda paham dan banyak ilmu, maka akan semakin cepat Anda bisa mengaji dan membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.

Nah, itulah beberapa tips atau cara belajar mengaji dengan cepat dan bisa Anda terapkan di rumah. Jika Anda tidak mempunyai banyak waktu belajar mengaji di masjid dengan ustad, kursus mengaji online bisa menjadi pilihan karena waktunya yang lebih fleksibel. Anda bisa untuk belajar mengaji dimana saja dan kapan saja.

Bagikan Artikel:
×