Ingin Daftarkan Anak Kursus Mengaji Online Privat? Ini Dia 5 Kelebihannya!

Tentu Anda sudah tahu bahwa mengaji adalah salah satu hal yang wajib dikuasai oleh semua orang muslim. Oleh karena itu, Anda perlu mengajarkan anak mengaji sedini mungkin.

Sayangnya, kesibukan sehari-hari Anda barangkali jadi alasan mengapa Anda tidak bisa fokus mengajari anak mengaji. Atau, Anda merasa bahwa kemampuan mengaji Anda biasa saja dan Anda ingin anak bisa mengaji jauh lebih baik daripada Anda.

Apapun pertimbangannya, kursus mengaji bisa jadi solusi yang tepat untuk menjawab kebutuhan Anda. Apalagi, sekarang Anda bisa daftarkan anak untuk ikut kursus mengaji online yang tentu lebih fleksibel dan lebih nyaman, terlebih mengingat bahwa pandemi COVID-19 masih belum berakhir. Dengan begitu, anak bisa belajar mengaji dari rumah dan Anda jadi lebih tenang karena kesehatan anak tetap terlindungi.

Tapi, itu sajakah kelebihan dari mengikutkan anak ke program kursus mengaji online, terutama untuk kelas privat? Tentu saja tidak. Dengan mendaftarkan anak ikut kursus ngaji privat online, masih ada berbagai keuntungan lainnya yang bisa buah hati Anda rasakan. Apa saja, ya?

Kelebihan Kursus Mengaji Online Secara Privat

  1. Lebih mudah berkonsentrasi belajar.

Baik itu anak-anak maupun orang dewasa, suasana tempat pasti akan sangat memengaruhi konsentrasi. Hal yang sama juga perlu Anda pertimbangkan dalam memilih program kursus mengaji yang baik untuk buah hati.

Dengan ikut kursus mengaji secara online, Anda bisa pastikan bahwa lingkungan tempat anak belajar ngaji nantinya lebih terkendali. Artinya, tidak ada anak-anak lain yang ribut berlari-lari atau mengobrol, sehingga anak lebih bisa fokus memperhatikan guru mengaji nantinya.

  1. Tidak perlu khawatir dibanding-bandingkan.

Seperti yang sudah Anda ketahui, setiap anak memiliki kecepatan yang berbeda-beda dalam progress belajarnya, termasuk saat belajar mengaji. Tak jarang, anak jadi tidak PD dan minder sehingga malu dan bahkan enggan belajar ketika ada temannya yang lebih jago.

Nah, dengan mengikutkan anak pada program kursus mengaji online, risiko ini bisa Anda antisipasi sedari dini. Apalagi jika buah hati Anda memang memiliki sifat pemalu. Dengan begitu, ia akan lebih fokus pada progress belajar ngajinya sendiri tanpa harus membanding-bandingkan diri dengan temannya yang lain.

  1. Perhatian guru tidak terbagi.

Dengan memilih kursus mengaji secara online, terutama untuk program privat, guru mengaji nantinya juga bisa sepenuhnya fokus memberikan perhatian kepada anak Anda selama sesi kursus berlangsung. Tentu hal ini juga akan sangat bermanfaat bagi buah hati Anda, kan?

Coba bandingkan dengan ikut les mengaji secara offline, apalagi yang berkelompok. Tak hanya situasinya saja yang lebih ramai dan riuh, perhatian guru mengaji pun terbagi-bagi kepada semua murid. Sementara dengan kursus mengaji online privat, ia akan sepenuhnya fokus mengajar buah hati Anda saja, misal selama 1 jam kursus berlangsung.

  1. Anak lebih cepat lancar dan lebih optimal untuk berkembang.

Nah, karena lingkungan tempat anak belajar mengaji lebih tenang dan kondusif, dan perhatian guru mengaji yang tidak terbagi, tak heran jika anak Anda nantinya akan lebih cepat dan optimal dalam perkembangannya mengaji. Apalagi, mengaji tak hanya sekadar membaca tulisan yang ditulis dalam aksara Arab, tapi juga berkaitan erat dengan makhraj dan tajwid demi menjaga agar makna atau arti dari setiap kalimat yang diucapkan tidak berubah, apalagi untuk bacaan Al-Qur’an.

Dengan begitu, anak pun nantinya tak hanya bisa mengaji saja, tapi juga benar-benar menguasai keahlian ini. Kalau begini, mendorong anak agar menjadi seorang hafidz Qur’an juga tak akan lagi jadi sesuatu yang mustahil.

  1. Efisiensi waktu dan biaya.

Dan seperti halnya dengan les atau kursus online lainnya, kursus mengaji online juga menawarkan kelebihan dari segi efisiensi waktu dan biaya. Karena kursus dilakukan secara online, anak bisa belajar mengaji dari rumah saja dengan tenang. Hal ini juga berarti bahwa Anda tak perlu keluar biaya ekstra untuk transportasi, kan?

Di samping itu, Anda dan anak juga bisa lebih hemat waktu. Sebab, anak juga jadi tak perlu menghabiskan waktu tambahan untuk perjalanan pulang-pergi dari rumah dan tempat ngaji. Tak hanya itu saja, anak juga bisa benar-benar menggunakan waktunya untuk fokus belajar mengaji karena tidak terganggu murid-murid mengaji lainnya yang malah mengajak ia bermain atau mengobrol.

Bagikan Artikel:
×