5 Tips Penting Memilih Kursus Bahasa Inggris Online Terbaik

Saat ini, kursus bahasa Inggris online telah menjadi alternatif pilihan masyarakat yang ingin lebih leluasa dalam mengatur waktunya. Baik itu anak sekolahan, mahasiswa, karyawan, sampai ibu rumah tangga sekalipun, adanya pilihan ikut kursus secara online merupakan solusi di tengah aktivitas yang padat.

Kursus bahasa Inggris online menawarkan banyak kelebihan dibandingkan kursus konvensional yang dilakukan secara tatap muka. Salah satunya adalah penghematan waktu karena Anda jadi tak perlu repot-repot harus berangkat ke tempat kursus, kan?

Penghematan waktu tersebut juga bisa menjadi penghematan biaya. Sebab, Anda juga jadi tak perlu keluar uang untuk bensin atau angkutan umum karena kursus online bisa dilakukan langsung dari rumah.

Akan tetapi, tentu Anda juga perlu memilih lembaga kursus online yang benar-benar profesional dan terpercaya. Dengan begitu, Anda tetap akan bisa mendapatkan hasil yang optimal sepanjang dan setelah mengikuti program kursus online bahasa Inggris tersebut.

Kalau begitu, bagaimana caranya Anda bisa temukan lembaga kursus online bahasa Inggris yang tepat? Untuk memandu Anda, simak 5 tips memilih kursus bahasa Inggris online berikut ini, yuk! Selamat membaca!

5 Tips Memilih Lembaga Kursus Bahasa Inggris Online

  1. Pilih yang materi pembelajarannya lengkap.

Namanya juga Anda akan belajar bahasa, tentu ada banyak aspek yang perlu Anda pelajari. Secara garis besar, Anda perlu belajar membaca (reading), mendengarkan atau menyimak (listening), tata bahasa (grammar), berbicara (speaking), membaca (reading), dan menulis (writing).

Memang benar ada beberapa lembaga kursus yang secara khusus fokus hanya pada aspek-aspek tertentu saja, seperti listening dan speaking, sehingga grammar dikesampingkan. Padahal, semua aspek tersebut saling berkaitan. Oleh karena itu, jika Anda ingin benar-benar jago berbahasa Inggris, pilih lembaga kursus online yang materi pembelajarannya lengkap, ya!

  1. Lakukan riset terlebih dahulu.

Saat ini, Anda bisa temukan banyak informasi bermanfaat lewat internet, termasuk informasi lembaga kursus online bahasa Inggris. Jadi, Anda tak perlu lagi harus buang waktu, biaya, dan tenaga untuk mendatangi tempat kursus satu per satu untuk memperoleh informasi seperti biaya kursus, jadwal kursus, materi pembelajaran, dan sebagainya.

Lebih bagus lagi jika lembaga kursus online bahasa Inggris yang akan Anda pilih memiliki website resminya sendiri. Hal ini tentu mempertegas kesan profesional dan kualitas yang dimiliki oleh lembaga kursus tersebut. Di samping itu, Anda juga bisa kunjungi akun media sosialnya untuk informasi lebih lanjut.

  1. Pilih website kursus online bebas iklan.

Dalam hal kursus bahasa Inggris online, ada beberapa penerapan proses pembelajaran yang diterapkan. Sebagai contoh, ada lembaga yang memanfaatkan platform video conference agar semua peserta tetap dapat berinteraksi selama sesi kursus online. Dan ada juga yang memberikan akses kepada peserta ke berbagai materi kursus online lewat website, misalnya video, PDF, dan audio.

Pada dasarnya, pilihlah lembaga kursus online bahasa Inggris yang website-nya bersih dari iklan. Sebab, keberadaan iklan yang tiba-tiba muncul tentu akan sangat mengganggu dan bisa membuat konsentrasi jadi buyar saat Anda mengikuti kursus nantinya.

  1. Pilih lembaga kursus yang memberikan sertifikat.

Adanya sertifikat menjadi bukti bahwa Anda sudah mengikuti dan menyelesaikan sebuah program kursus. Nah, sertifikat ini akan sangat membantu di kemudian hari sebagai bukti kualifikasi Anda, misalnya ketika Anda melamar pekerjaan.

Oleh karena itu, Anda tentu sangat dianjurkan untuk memilih lembaga kursus online bahasa Inggris yang memberikan sertifikat sebagai tanda bukti keikutsertaan Anda. Baik itu sertifikat online yang bisa Anda download dan cetak sendiri, maupun sertifikat cetak, adanya dokumen ini tak diragukan lagi sangat penting.

  1. Biaya kursus sesuai budget Anda.

Pertimbangan yang tak kalah pentingnya adalah harga atau biaya kursus online yang akan Anda ikuti. Harga ini bergantung pada beberapa faktor, misalnya level atau tingkatan kursus, hingga seberapa komprehensif (lengkap) program dan materi kursus yang Anda pilih.

Di samping itu, beda lembaga kursus online bahasa Inggris, beda pula harga yang dipatok. Nah, di sinilah salah satu alasan mengapa Anda perlu lakukan riset. Dengan begitu, Anda bisa bandingkan biaya kursus dari satu tempat dengan tempat lain untuk membantu Anda memilih kursus bahasa Inggris online yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Bagikan Artikel:
×