5 Kelebihan Ikut Kursus Matematika Online, Apa Saja?

Saat ini, kursus online sudah tak lagi jadi hal yang asing di tengah masyarakat. Dan Anda barangkali sedang mempertimbangkan apakah Anda perlu mendaftarkan anak ke kursus matematika online atau tidak.

Tentu saja kursus online memiliki karakteristiknya dibandingkan kursus konvensional yang dilakukan secara offline, atau secara tatap muka. Hal ini lantas membuat kursus online bisa jadi “cocok-cocokan” untuk buah hati Anda.

Meski begitu, mempertimbangkan pilihan untuk ikut kursus matematika online pada dasarnya tetap layak untuk Anda coba, lho! Pasalnya, kursus online memiliki berbagai kelebihan yang perlu Anda ketahui, terutama jika dibandingkan dengan kursus offline.

Kalau begitu, apa saja ya kelebihan dari kursus online, termasuk untuk kursus matematika ini? Simak daftar dan penjelasannya berikut ini dulu, yuk! Selamat membaca!

5 Kelebihan Kursus Matematika Online

  1. Hemat biaya.

Salah satu kelebihan utama dari kursus matematika online maupun kursus online secara umum adalah biayanya yang sebenarnya lebih hemat daripada kursus secara offline. Tapi, yang dimaksud di sini bukan hanya biaya lesnya saja, ya!

Kalau Anda mengikutkan anak kursus matematika offline, Anda tentu perlu memperhitungkan pula biaya yang dikeluarkan untuk transportasi, kan? Baik itu uang bensin, tarif ojek, maupun ongkos angkot, adanya tambahan biaya tersebut perlu diperhitungkan pula. Sementara itu, dengan mengikutkan anak pada program kursus online, Anda tak perlu keluar uang untuk biaya transportasi sama sekali.

  1. Fleksibel atur waktu.

Selain hemat biaya, kursus online juga hemat waktu. Lagi dan lagi, alasannya adalah karena anak tak perlu datang langsung ke tempat kursus, baik itu dengan menggunakan transportasi umum atau Anda antar langsung. Sebab, perjalanan pulang-pergi sekolah atau rumah dan tempat kursus tentu juga akan makan waktu, kan? Belum lagi kalau kondisi jalanan ramai dan macet.

Sementara itu, kursus matematika online jauh lebih hemat waktu karena anak tak perlu datang langsung ke tempat kursus. Cukup di rumah saja dengan pengawasan Anda, anak bisa ikuti kursus matematika dengan tenang dan lancar. Mengingat keramaian jalan raya bisa jadi faktor pemicu stres, pikiran anak pun jadi lebih tenang selama kursus dan ia bisa lebih fokus juga dalam belajar, kan?

  1. Fleksibel atur tempat.

Keunggulan lainnya dari kursus online yang sama sekali tidak dimiliki oleh kursus offline adalah kebebasan dan fleksibilitas dalam memilih tempat kursus. Mau itu di rumah atau bahkan di tempat saudara karena kebetulan Anda sekeluarga sedang mengunjungi keluarga besar, semuanya memungkinkan.

Bahkan jika anak ingin ikut kursus dengan suasana yang lain daripada biasanya, misal di kafe sambil menikmati minuman es dan kue lezat favoritnya. Atau jika anak Anda memang memiliki kebiasaan belajar yang unik – kalau biasanya anak-anak perlu belajar di tempat tenang agar fokus, anak Anda malah lebih fokus belajar di tempat ramai. Intinya, sesuaikan dengan kebutuhan buah hati Anda.

  1. Tetap bisa belajar kelompok juga.

Kata siapa ikut kursus online berarti harus belajar sendiri? Anda juga bisa ajak anak untuk belajar berkelompok juga meskipun mengikuti kursus online, kok. Sebab, teknologi dapat mempermudah Anda dan anak dalam berkomunikasi, contohnya video call atau video conference.

Selama mengikuti kursus online, anak juga bisa berkesempatan untuk berinteraksi dan belajar berkelompok juga bersama dengan para peserta kursus lainnya lewat fitur video call tersebut. Atau, Anda bisa juga ajak anak untuk mengundang teman-temannya saat belajar materi matematika secara online. Kemudian, anak dan teman-temannya bisa bersama-sama mengerjakan soal dan mendiskusikannya.

  1. Sesuai dengan selera masing-masing anak.

Tak perlu dipungkiri lagi bahwa waktu dan tempat adalah dua faktor yang sangat penting dan berpengaruh dalam efektivitas belajar anak. Mengingat bahwa motivasi Anda mengikutkan anak kursus matematika online adalah agar ia bisa menguasai materi dengan lebih baik, tentu Anda perlu pastikan bahwa jalannya kursus berlangsung sesuai dengan kebutuhan dan preferensi (selera) anak.

Apabila buah hati Anda benar-benar nyaman dan tenang selama kursus, ia pun akan lebih mudah berkonsentrasi dalam menerima materi belajar. Dengan begitu, biaya yang sudah Anda keluarkan untuk mendaftarkan anak ke program kursus jadi tidak sia-sia, kan?

Bagikan Artikel:
×