Inilah Panduan Rahasia Sukses Orang Tua Mendampingi Anak Belajar Online

Musim pandemi virus corona covid – 19 yang tengah terjadi di Indonesia bahkan di seluruh dunia. Tentu saja memberikan pengalaman baru bagi orang tua dalam mendampingi anak mereka belajar di rumah bukan. Apalagi hadirnya sistem belajar online yang tengah diterapkan di sekolah ini. Memang ada kalanya membuat sedikit para orang tua ini kebingungan. Apalagi untuk menerapkan strategi belajar yang cukup menyenangkan bagi anak – anak mereka. Mengingat sering kali ada kendala kondisi tidak fokus dan bosan. Adalah hal yang paling sering menjadi keluhan anak saat ingin menjalani proses belajar dari rumah. Kendala lain yang juga sering ditemui oleh para orang tua adalah anak – anak lebih suka bermain game, menonton televisi dan susah bangun tidur. Untuk anak – anak usia sekolah dasar misalnya tengah menjadi masa perkembangan motorik yang sangat aktif bukan. Sehingga belajar di rumah ini pun akan menjadi hal yang cukup membosankan. Jika mereka sendiri pun tidak bisa aktif bermain bersama dengan teman – teman. 

Ketahui 5 Panduan Rahasia Sukses Para Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Online

Trend belajar online di masyarakat memang tidak akan terlepas dari peran internet dan teknologi dalam kehidupan sehari – hari.  Tidak hanya itu, kanal – kanal seperti google news, blog, YouTube, memang menyediakan informasi secara gratis untuk mampu diakses siapa saja. Yakni dengan menggunakan topik yang beraneka ragam. Kelebihan lain dari belajar online ini adalah lebih fleksibilitas jadwal. Sebagai orang tua memang anda diharuskan untuk mengambil peran sesuai dengan perkembangan usia anak. Lalu apa saja sih rahasia keberhasilan belajar online dari rumah untuk anak – anak diantaranya:

  1. Memanfaatkan aplikasi belajar online

Bagi orang tua yang merasa bingung mempelajari materi belajar online atau menemukan anak – anak mereka terlihat jenuh. Dengan beragam materi pelajaran yang ada, sudah saatnya menggunakan aneka aplikasi belajar online yang lebih variatif dan lebih enjoy. Karena saat ini ada banyak platform belajar online yang memudahkan anak – anak belajar mandiri di rumah dengan dukungan orang tua. Dengan menggunakan aplikasi belajar online ini akan membuat anak merasa menemukan hal yang baru untuk menghilangkan kejenuhan.

 

2. Komunikasi orang tua dan anak

Dalam proses belajar online antara anak dan orang tua, salah satu hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah komunikasi yang baik. Apa yang tengah menjadi keinginan anak, bagaimana hal yang menyenangkan yang diinginkan. Terkait apa yang menyenangkan, apa yang menjadi kendala serta apa yang tidak disukai. Adanya komunikasi antara orang tua dan anak dapat membantu anak menyampaikan hal – hal di atas secara nyaman pada orang tua. 

 

3. Belajar teknologi bersama

Memang tidak bisa di pungkiri. Jika salah satu hal yang menjadi kendala belajar online yang cukup signifikan bagi anak – anak adalah penguasaan teknologi. Dalam hal ini orang tua memang perlu menjadi pendamping yang baik untuk anak – anaknya. Jika orang tuanya pun gaptek selain itu kurang menguasai teknologi maka anak – anak sudah pasti ikut stress dan terbebani. Maka di sini orang tua pun harus perlu kreatif belajar bersama anak. Karena anak pun perlu didorong dan dimotivasi agar tidak bosan dan malas.

 

4. Mengatur jadwal yang lebih fleksibel

Orang tua yang merasa stress dengan belajar di rumah yang dijalani oleh anak – anak. Mungkin saja dengan melakukan hal dengan memindahkan sekolah ke rumah. Sudah pasti cara ini pun akan mengakibatkan orang tua repot akan sendiri. Maka dari itu atur jadwal yang lebih fleksibel layaknya di rumah. Selain itu jangan terlalu kaku seperti yang ada di sekolah. Maka anda pun bisa membuat target – target yang lebih realistis. Yakni disesuaikan dengan kemampuan anak. 

 

5. Ketersediaan sarana belajar

Orang tua yang tengah tinggal di daerah perkotaan ini mungkin tidak akan pernah merasakan. Terkait bagaimana sulitnya menemukan kondisi fasilitas belajar online yang ideal. Namun di daerah ini memang masih ada banyak kendala yang dialami oleh anak dan orang tua dalam belajar online. Yakni kendala yang paling umum adalah mahalnya paket data internet. Selain itu sulit sinyal dan listrik yang sering padam. Jadi sebagai orang tua perlu memastikan ketersediaan sarana belajar agar kendala dapat diminimalisir sebaik mungkin. 

 

×