fokus belajar online

Ingin Lebih Optimal Belajar Online Dari Rumah? Terapkan Tips Ini Agar Tetap Fokus

Salah satu inisiatif yang secara bijak di ambil oleh pemerintah di masa pendemi covid -19. Belajar dan bekerja ini dilakukan secara online dari rumah. Tentu saja langkah – langkah ini diambil oleh pemerintah untuk menekan laju penyebaran virus corona itu sendiri. Akan tetapi untuk sebagian orang, melakukan proses belajar online ini merupakan sebuah hal yang tidak bisa dikerjakan secara mudah. Hal ini dikarenakan akan mudah berdampak pada prestasi akademik. Belajar yang efektif menjadi salah satu proses belajar mengajar yang berhasil. Sehingga proses pembelajaran ini pun mampu memberikan perubahan perilaku dalam kehidupan sehari – hari. Saat ini sebagai pelajar di tuntut untuk beradaptasi dengan sistem yang baru ini. Namun tidak sedikit siswa ini mengeluh lebih sedikit sulit dan melelahkan. Tetapi tetap jangan sampai menjadi penghalang. Jadi penting untuk anda tahu tentang bagaimana untuk mengetahui tips belajar online agar tetap fokus. 

Inilah 5 Tips Belajar Online Agar Tetap Fokus Yang Bisa Diterapkan Oleh Para Siswa

Sistem belajar online memang menjadi solusi yang paling baik. Untuk menghadapi situasi darurat seperti musim pandemi saat ini. Akan tetapi karena baru dilakukan di negara Indonesia pada masa sekarang ini. Maka sering kali terjadi kendala saat anda ingin menjalaninya. Mungkin tidak sedikit anak anda ini merasa tidak mudah untuk cepat beradaptasi dengan metode baru. Apalagi jika dilakukan dari rumah. Dimana pasti akan banyak gangguan jika anak anda pun tidak terbiasa. Jika anak anda pun di sini merasa kesulitan untuk menghadapinya. Maka anda pun bisa menerapkan beberapa tips ini agar anak anda tetap fokus dan belajar dengan tetap nyaman diantaranya: 

  1. Atur waktu

Anak anda bisa mempergunakan waktu belajar dengan efektif dengan teknik pomodoro berikut. Dimana anda bisa tentukan target harian dan jam belajar anak anda setiap paginya. Anda bisa membuat daftar tugas dan komunikasikan jadwal belajar anda kepada keluarga atau teman anda. Hal ini perlu anda lakukan supaya anda pun bisa ikut juga dalam memonitor dan membantu anak anda. Teknik pomodoro ini berupa buat daftar tugas yang harus dikerjakan. Kerjakan tugas selama 25 menit, centang daftar tugas yang sudah terlaksana, istirahatlah selama 5 menit. Kembali bekerja selama 25 menit + 5 menit istirahat.  Setelah semua tugas selesai anak anda bisa melakukan aktivitas yang lain.

 

2. Motivasi pada diri sendiri

Agar belajar online ini tetap optimal di rumah maka anda harus bisa ciptakan belajar dengan cara berikut. Yakni dengan membuat perjanjian dengan diri anda sendiri. Jika memang anak anda tergolong baru melakukan aktivitas favorit setelah semua target belajar tercapai. Tidak hanya itu tulis dan pajang motivasi favorit anda di dekat meja belajar. Anda pun bisa meminta bantuan dari keluarga atau teman – teman anda untuk mengingatkan.

 

3. Tanya orang

Walaupun anak anda tidak bertatap muka secara langsung. Maka bukan berarti anak anda ini tidak bisa berinteraksi dengan orang lain. Anak anda pun bisa tetap berkomunikasi dengan orang – orang terdekat anda. Untuk membantu proses belajar dan memastikan anak anda tahu apa yang terjadi di sekeliling anda. 

 

4. Mengerjakan tugas dan hobi

Dalam hal ini pastikan anak anda ini dapat mengerjakan tugas yang diberikan dengan tepat dengan langkah – langkah berikut. Jangan lupa untuk baca penugasan dari guru dengan teliti. Jika memang anda belum mengerti, maka pastikan untuk bertanya kepada guru atau teman anak anda melalui SMS, Chat, telepon dll. Untuk teknik pembelajaran darling ini, maka pastikan anak anda untuk menyiapkan HP atau laptop. Selain itu koneksi internet yang memang stabil. 

 

5. Jangan lupa untuk mengulangi materinya lagi

Mengerjakan tugas yang diberikan sekolah ini memang tidak cukup untuk memahami semua materi pembelajaran. Dimana cara berikut ini bisa anak anda coba untuk benar – benar memahami pelajaran. Yakni dengan cara mengulang materinya kembali. Caranya pun mudah dengan menonton video – video pembelajaran online. Selain itu diskusikan materi yang dipelajari dengan teman – teman anda di grup chat. Selain itu anda juga bisa membuat rangkuman untuk membantu anak anda mengulang kembali materi tersebut. 

 

×