Tips Mendampingi Anak Belajar Online

Menjadi orangtua yang memiliki anak usia sekolah saat ini tidaklah mudah, sebab tugas mereka menjadi bertambah ketika anak-anak harus sekolah dari rumah. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri, karena sebelumnya beban ini menjadi tanggung jawab guru di sekolah. Meskipun sekolah dari rumah, para orang tua wajib mendampingi anak-anak pada saat proses belajar secara online sedang berlangsung. Karena itu lah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para orangtua, agar tugas menemani putra-putri mereka saat sedang belajar online menjadi mudah. 

 

1. Ciptakan Suasana Belajar yang Kondusif

Anak-anak mungkin mudah merasa bosan saat harus berada di dalam rumah dalam waktu yang cukup lama. Agar mereka bisa merasa betah di rumah, siapkanlah ruangan khusus buat mereka belajar online. Pastikan tak ada hal-hal yang bisa mengganggu konsentrasi mereka, seperti mainan, smartphone, atau televisi yang masih menyala. Bila anak mulai merasa bosan, izinkan mereka istirahat sebentar sambil menyantap camilan dan minuman kesukaannya.

 

2. Bagi Tugas Mendampingi Sesuai Kesibukan Masing-masing

Kedua orangtua harus bekerjasama dan terlibat langsung dalam proses belajar online anak. Ayah dan Ibu bisa saling membagi waktu yang tepat dalam mendampingi putra-putrinya. Misalnya saja, Ibu akan mendampingi anak belajar di rumah pada siang hari, sementara Ayah mendapat giliran di malam hari setelah pulang bekerja. Bila kebetulan kedua orangtua harus bekerja dari rumah, mereka bisa bergantian secara langsung .

 

3. Buat Jadwal yang Sesuai untuk Anak

Dengan membuat jadwal harian yang sesuai, anak-anak bisa tetap melakukan aktivitas di rumah dan bisa membagi waktu kapan mereka harus belajar online. Komunikasikan terlebih dahulu pada mereka, sebelum jadwal harian dibuat. Jadwal ini akan berisi kegiatan anak-anak dalam satu hari, misalnya sejak mereka bangun tidur apa saja yang harus mereka lakukan dan kapan waktunya buat mereka belajar. Atur juga durasi mereka dalam belajar, misalnya tiga sampai empat jam dalam satu hari. Setelah itu, jadwal harus disepakati oleh anak-anak dan orangtua, dan jika ada perubahan sebaiknya langsung komunikasikan pada anak.

 

4. Usahakan Agar Lebih Sabar

Mendampingi anak belajar online bukanlah hal yang mudah, karena tidak semua orang tua bisa bertindak seperti seorang guru. Perlu ekstra kesabaran dalam menghadapi anak, apalagi jika materi pelajaran yang disampaikan cukup sulit diterima oleh mereka. Jangan sampai orang tua mengeluarkan kata-kata kasar, yang berakibat anak menjadi takut setiap kali harus belajar online.

 

5. Manfaatkan Situs Belajar Online

Saat ini banyak sekali situs-situs yang bisa membantu orangtua dalam mendampingi anak-anak belajar online, mulai dari yang gratis sampai yang berbayar. Pemerintah melalui Kemendikbud juga telah melakukan kerjasama dengan membuat beberapa situs pendidikan resmi serta kredibel, yang mendukung pembelajaran online secara gratis. Situs ini menyediakan materi-materi pelajaran mulai dari tingkat SD sampai SMA.

 

6. Hindari Hal-hal yang bisa Memicu Stres

Terlalu lama berada di dalam rumah karena harus bekerja dari rumah, mungkin bisa membuat orangtua stress, begitupun juga dengan anak. Karena itu lah, baik orangtua dan anak, harus bisa menyeimbangkan kegiatan di rumah. Jika sudah merasa lelah atau tidak tertarik lagi untuk belajar, segera alihkan perhatian dengan melakukan kegiatan lain, seperti bermain dengan anak atau sekedar bersantai di halaman belakang. Membantu Ayah mencuci mobil atau membantu Ibu membuat kue juga bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×